ILMMIPA INDONESIA BARALEK GADANG 2015

IMG_4208

(Foto bersama MILAD ILMMIPA INDONESIA KE-13)

ILMMIPA INDONESIA BARALEK GADANG

Pada tahun ini Unversitas Andalas (Unand) dan Universitas Negeri Padang (UNP) dipercaya menjadi tuan rumah MUNAS (Musyawarah Nasional ) VII ILMMIPA(Ikatan Lembaga Mahasiswa MIPA) . MUNAS ILMMIPA ini merupakan salah satu dari berbagai rangkaian acara ILMMIPA yang dilakukan rutin sekali dua tahun. MUNAS VII ILMMIPA kali ini berbeda dengan sebelumnya, dimana pada MUNAS VII kali ini menetapkan NLT (National Leadership Training) sebagai syarat mengikuti MUNAS VII ILMMIPA. Selain itu, nama acara juga diperbaharui dengan membawa sedikit nuansa khas minang. “ILMMIPA Indonesia Baralek Gadang”

Tentunya bukan hanya MUNAS dan NLT saja yang ada di ILMMIPA Baralek Gadang, Namun juga ada Talkshow Nasional “Mau Dibawa Kemana Lulusan MIPA?” yang pembicaranya adalah 3 tokoh yang luar biasa yaitu Mantan Walikota Padang Fauzi Bahar ,Dekan FMIPA Unand Edison Munaf ,dan Dosen Kimia UNP Ananda Putra . Tidak hanya Talkshow Nasional yang diadakan dalam rangkaian acara ILMMIPA Baralek Gadang tapi ada juga Seminar Nasional yang pembicaranya langsung dari Kepala Subag Kemahasiswaan Dikti Dr.Widyo Winarso ,selain pembicara yang didatangkan langsung dari DIKTI tapi dalam Seminar Nasional ini ada Doorprize yang sangat luarbiasa yaitu Pergi ke Jepang bagi satu orang yang beruntung. Tak kalah pentingnya, Acara ILMMIPA Indonesia Baralek Gadang kali ini juga dimeriahkan dengan perayaan MILAD ILMMIPA Indonesia ke-13 yang merupakan puncak acara kemeriahan ILMMIPA.Tak terasa sudah 13 tahun ILMMIPA berjalan di panggung mahasiswa MIPA Indonesia. Acara yang diadakan pada tanggal 13-19 April 2015 ditutup dengan field trip ke kota batusangkar sebagai kota budaya.Dibatusangkar para delegasi dan panitia di sambut langsung oleh Bupati Tanah Datar dan spesial mendapat Jamuan Makan Siang setelah mengunjungi Istana Baso Pagaruyung. Selain itu, tak lupa datang ke daerah yang menjadi icon Sumatra Barat. Apalagi kalau bukan Jam Gadang.Rangkaian acara ILMMIPA Baralek Gadang selalu disambut antusias oleh Para Delegasi ,Dan salah satu delegasi yang berasal dari Universitas Indonesia memberikan apresiasi di kala penutupan acara “ Waahh… acaranya sangat bagus ,pelayanan selama acara sangat baik dengan suasana ranah minang yang sangat ramah dan saya ingin datang lagi kesini” ,Ujar Majid .

ILMMIPA Indonesia Baralek gadang ini dihadiri oleh 23 Universitas dari seluruh Indonesia diantaranya UI , Unsyiah, Unpad, Unnes, Unlam, Untan, Unjayani, Unmul, Unsri, Unri, IPB, Unbraw, UPGRIS, Unesa, Undip, Unila, UII, UIN Bandung, USU, UNY, Unair, Unand dan UNP. Dalam MUNAS ILMMIPA VII terpilihlah KETUA ILMMIPA periode 2015-2017 yaitu Fajar Syifaul Haq (Mahasiswa IPB angkatan 2012) yang menjabat sebagai Ketua Umum di BEM MIPA IPB . Dan Sekretaris Jendral periode 2015-2017 yaitu Muhammad Rido Muzada Elfa (Mahasiswa Unlam angkatan 2012) yang menjabat sebagai Gubernur BEM MIPA UNLAM . Dan pada MUNAS kali ini dilantik 3 anggota baru ILMMIPA yaitu Universitas Surabaya(Unesa), Universitas Jendral Ahmad Yani(Unjayani) dan Universitas Mulawarman(Unmul).

Pesan dari panitia ILMMIPA Indonesia Baralek Gadang “Semoga dalam Limit waktu tertentu ada sebuah titik yang dapat mempertemukan kita kembali.” .Salam Scientist Muda Indonesia!, yang menjadi jargon ILMMIPA Indonesia .

IMG_4009

(Sambutan Ketua ILMMIPA INDONESIA Periode 2013/2015)

Field Trip (112)

(Delegasi ILMMIPA INDONESIA Field Trip Istana Basa Pagaruyung)

Field Trip (263)

(Persiapan Field Trip ke Istana Basa Pagaruyung, Kab.Tanah Datar dan Bukittinggi)

 PENYERAHAN

(Penyerahan Bendera ILMMIPA INDONESIA ke Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal 2015/2017)

Leave a comment