3 Bulan Dipenghujung Kepengurusan

image

Kepengurusan BEM KM FMIPA sudah berlangsung kurang lebih 10 bulan lamanya. Dengan 44 staff pengurus, telah begitu banyak program kerja yang terlaksana demi terwujudnya aspirasi warga MIPA. Maret 2014 kepengurusan akan berakhir, banyak cerita cinta, duka dan pelajaran yang didapat pengurus selama kepengurusan. Namun, semangat untuk menjalankan program kerja tak jua pudar.
Selama 2014, posisi Gubernur beralih tangan ke Romy Dwipa Yamesa Away yang sebelumnya adalah Wakil Gubernur BEM KM FMIPA UNAND dikarenakan Gubernur sebelumnya M. Syahid Ridho mengambil cuti untuk kampanye Capres BEM KM UNAND. PLT Gubernur mengikuti seluruh acara yang dilaksanakan departemen-departemen di BEM KM FMIPA dan M. Syahid Ridho juga ikut serta menghadiri acara-acara tersebut. Kedua pimpinan BEM KM FMIPA ini terlihat begitu akrab satu sama lain.

image

Bendahara dan  Biro Danus diakhir kepengurusan tetap saja semangat untuk memberi kemudahan bagi para wisudawan dan wisudawati dalam mengurus salempang wisuda. Bagi para mahasiswa baru tidak sulit bagi mereka mendapatkan baju angkatan MIPA karena seluruhnya telah ditangani oleh Bendahara dan Biro Danus. Selain itu, Bendahara dan Biro Danus serta adik-adik follow-up LKMM Biro Danus membantu pengelolaan Bazar dan Expo BEM KM FMIPA UNAND selama berlangsungnya acara PRM.
Sekretaris dan Biro Kesekretariatan tak pernah absen untuk mengawasi penggunaan nomor keluaran surat dan pengambilan daftar hadir staff BEM KM FMIPA serta membantu dalam pengurusan surat-surat yang akan keluar oleh setiap Departemen di BEM KM FMIPA UNAND.
Departemen Internal terus memantau lingkungan FMIPA untuk memastikan warga MIPA dapat melakukan perkuliahan dengan nyaman terutama bagi mahasiswa baru yang masih terkendala dengan masalah UKT. Selain itu  departemen Internal tak berdiam diri saat banyak beasiswa dan PKM yang ditawarkan oleh Fakultas bagi mahasiswa. Departemen Internal setia membantu mahasiswa yang memiliki masalah seperti calon DO, pengisian formulir beasiswa, PKM, ataupun masalah internal lainnya.
Departemen Eksternal yang tengah memfokuskan diri dalam ILMM Sumatera yang memiliki target pencapaian dalam membantu korban bencana sinabung, try out UN SMA dan baju ILMM Sumbar. Selain itu Departemen Eksternal bekerja sama dengan Departemen Sosial telah berhasil melaksanakan Talkshow Kesiapan Sumatera Barat Sebagai Provinsi Siaga Bencana dengan pembicara Prof. Dr. H. Irwan Prayitno (Gubernur Sumatera Barat), Prof. Badrul Mustafa Kemal, DEA (Praktisi Bencana SUMBAR) dan Vicky Maldiani (Presiden Mahasiswa 2013/2014) pada 28 Februari 2014.
Departemen Sosial melaksanakan Penanaman pohon di lahan FMIPA pada 1 Maret 2014. 65 bibit pohon berhasil ditanam dan acara dihadiri oleh perwakilan setiap UKMF dan hima FMIPA UNAND. Selain itu, Departemen Sosial bekerja sama dengan Departemen Eksternal berhasil melaksanakan Talkshow Kesiapan Sumatera Barat Sebagai Provinsi Siaga Bencana dengan jumlah peserta yang memenuhi ruang seminar F.
Departement PSDM adalah Departemen tersibuk di akhir kepengurusan. PRM (Pesta Rakyat MIPA) diamanahkan pada Departemen PSDM untuk dilaksanakan pada 14 Februari  – 3 Maret 2014. Pesta Rakyat MIPA diketuai oleh Staf Departemen PSDM sendiri yaitu Hadi Ridha Nofreza. Acara yang berlangsung selama 3 minggu ini memiliki 17 acara inti (Bazar & Expo MIPA, Debat Bahasa Indonesia, FMIPA AWARD, Jalan Sehat MIPA, Kaligrafi, Lomba Essay, Lomba Foto, Lomba Kesekretariatan, MIPA Kreatif & Inovatif, Mars MIPA, MTQ & MSQ, Futsal, Rangking 1, Surat Cinta Untuk Dekan, Moviemaker, Tenis Meja dan Volley Ball)  dan 9 acara yang bekerja sama dengan UKMF dan Departemen-Departemen lain di BEM KM FMIPA(Donor darah oleh Rafflesia, LOBI LKTI oleh Himabio, Seminar oleh KCI, Pelatihan oleh LP2I, Wisata Malam oleh KPH Salvator, Himafi Goes to School, Talkshow Dept. Eksternal, Talkshow PL~1 dan Seminar IT Dept Info). PRM tidak hanya diikuti oleh mahasiswa FMIPA UNAND namun juga siswa SMA, warga sekitar dan seluruh mahasiswa UNAND. Sekolah Kepemimpinan yang dikelola PSDM yaitu PEACE LEADER 1 berakhir pada 28 Februari dengan diwisudanya 19 orang murid oleh pimpinan FMIPA UNAND. Acara terakhir yang dilaksanakan Departemen PSDM pada kepengurusan kali ini yaitu UPS 3 (Update Pengurus Spirit 3) di Ruang Sidang Dekanat dengan agenda evalusi kepengurusan.
Departement Informasi terus mengibarkan sayap untuk menunjukkan kerja BEM KM FMIPA UNAND melalui media social dan mading. Departemen Informasi juga terus melakukan pengawasan pada pelaksanaan penggunaan nomor pamflet yang ditempel di mading-mading FMIPA. Acara terbesar Dept. info yaitu Pelatihan IT dengan tema Optimalisasi Penggunaan Android di Bidang Pendidikan dengan pelatih dari Komunitas Android Padang sukses terlaksana pada 23 Februari 2014 bertempat di ruang sidang Dekanat.
Telah berlalu 10 bulan kepengurusan, banyak pelajaran hidup, kenalan baru, minat dan bakat baru, suka dan duka dalam pelaksanaan program kerja. Kepengurusan 2013/2014 begitu melekat dihati setiap staff BEM KM FMIPA UNAND. Pengurus tak luput dari segala kesalahan, namun segala upaya telah dikerahkan untuk memberikan yang terbaik bagi MIPA. Tak ada program kerja yang dapat dilaksanakan semudah membalikkan telapak tangan dan tak ada juga program kerja yang tak dapat dikerjakan karena selalu ada jalan bagi setiap niat baik. Semoga apa yang pengurus kerjakan selama kepengurusan dapat menjadikan diri lebih baik dari sebelumnya. Kepengurusan BEM KM FMIPA UNAND 2013/2014 akan berakhir pada 15 Maret 2014 dengan SU sebagai penutup.

Penulis : Dytta Fitria

Leave a comment